ALAT MESIN PASCA PANEN BAGI POKTAN DI KABUPATEN PACITAN

Melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tugas Pembantuan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur dan Ditjen Tanaman Pangan, Pemerintah Kabupaten Pacitan dalam hal ini Dinas Pertanian telah mendapat alokasi alat mesin pertanian (alsintan) berupa alat pasca panen, yang diterima secara bertahap mulai bulan Maret sampai dengan bulan Juli 2021

Alat pasca panen yang diberikan dari APBN berupa Power Thresher Multiguna (PTM) 1 unit, corn sheller 4 unit dan juga combine harvester besar 1 unit. Sedang dari APBN TP berupa power thresher multiguna 2 unit, power thresher 8 unit serta 4 unit corn sheller 4 unit. Selanjutnya Pemerintah berharap dengan bantuan tersebut akan membantu mempercepat proses panen, menekan kehilangan hasil (losses) dan mengatasi kekurangan tenaga kerja yang belakangan ini menjadi kendala di beberapa daerah bagi usaha pertanian.

Dalam acara penyerahan alsin, Ir. Bambang Supriyoko, MP selaku Kepala Dinas Pertanian berpesan pada para kelompok tani untuk senantiasa memanfaatkan alat secara optimal yang telah diberikan dan memeliharanya agar tidak mudah rusak, syukur jika dalam kelompok juga telah terbentuk suatu Unit Pengelola Jasa Alsintan (UPJA). Tidak semua kelompok tani memperoleh alat ini dan tentunya para penerima sudah mengajukan usulan melalui e-proposal dan verifikasi kelayakan pada beberapa tahun sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *