BANTUAN PUPUK ORGANIK UNTUK MENDONGKRAK PRODUKTIVITAS UBI KAYU

Perkembangan luas tanam dan panen ubi kayu selama 5 lima tahun terakhir di Kabupaten Pacitan mengalami penurunan yang sangat signifikan.  Hal ini bisa dimaklumi karena animo petani untuk berbudidaya menurun akibat beberapa kendala diantaranya harga jual ditingkat petani yang cenderung rendah, beralihnya kekomoditas lain yang lebih menguntungkan.

Untuk meningkatkan animo petani dalam berusaha tani ubi kayu, Kementerian Pertanian melalui Ditjen Tanaman Pangan memberikan stimulant untuk pertanaman ubi kayu musim tanam 2020-2021 yang diberikan pada bulan Juni 2021. Bantuan pupuk organic sebanyak 100 ton diberikan kepada 26 kelompok tani di Kecamatan Punung, Pringkuku, Arjosari, Tegalombo dan Sudimoro dengan total luas tanam 100 ha.

Harapan pemerintah dengan adanya pupuk organik kelompok tani mempunyai gairah kembali untuk mengusahakan tanaman ubi kayu secara lebih intensif sehingga akan meningkatkan hasil per satuan luas.  Jika produksi lebih tinggi walaupun harga kurang mendukung, maka secara financial pendapatan petani menjadi tinggi pula. Saat ini rata rata produksi ubi kayu di kabupaten pacitan hanya mencapai 219 kw/ha padahal jika dipelihara secara optimal mampu berproduksi hingga 400 kw/ha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *